6 Tips untuk Keterampilan Sosial Sehari-hari dengan ADHD

Situasi sosial mungkin sangat sulit bagi sebagian orang dengan ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorder). Mereka tampaknya tidak memiliki jenis antena yang menangkap nuansa dan nada interaksi sosial. Mereka sering tidak menyadari bagaimana perasaan orang lain atau bagaimana penampilan mereka di mata orang lain.

1. Berhenti, lihat, dengarkan, ulangi

Mendengarkan sulit bagi banyak orang tetapi terutama orang-orang dengan ADD.

* Hentikan apa yang Anda lakukan. Jika Anda adalah mulut motorik hiperaktif, Anda berbicara. Jika Anda lalai, Anda mungkin sedang dalam lamunan tentang kecelakaan kemarin atau pesta besok.

* Lihatlah, lakukan kontak mata dengan lawan bicara Anda untuk menunjukkan kepadanya bahwa Anda mendengarkan. Kontak mata membantu Anda tetap fokus pada apa yang dikatakan.

* Dengarkan apa yang dikatakan.

* Ulangi kembali hal-hal penting dari apa yang dikatakan untuk memverifikasi pemahaman Anda.

Bertahun-tahun yang lalu dua pesawat udara bertabrakan, yang satu lepas landas sementara yang lain mendarat. Pesawat yang lepas landas telah menerima perintah dari menara kontrol: “Anda diizinkan untuk lepas landas”. Pilot tidak dapat mengetahui bahwa sistem transmisi telah berkedip seperti otak ADD dengan kehilangan kata kecil “TIDAK”. Tetapi pilot gagal mengikuti protokol yang ditetapkan untuk mengulangi kembali perintah yang diterima.

2. Tubuh berbicara. Belajar memahami mereka

Bahasa tubuh menyampaikan lebih dari 65% pesan Anda. Apakah tubuh Anda mengatakan apa yang Anda maksud? Apakah Anda mengerti apa yang dikatakan tubuh lain kepada Anda?

* Kontak mata. Mata menunjuk ke mana perhatian Anda berada.

* Postur tubuh santai menghadap lawan bicara Anda.

3. Nada suara Anda mengatakan lebih dari kata-kata Anda

Nada suara menyampaikan emosi Anda dan menghitung sekitar 30% dari pesan. Dengarkan dirimu sendiri; apakah Anda terdengar marah, merengek, atau bosan? Dengarkan orang lain dengan seksama. Orang dengan ADHD sering salah mengartikan emosi orang lain. Jika ragu tanyakan dengan tenang “Apakah kamu marah padaku?”

4. Tertarik pada orang lain

Orang dengan ADHD mungkin begitu asyik dengan dunia mereka sendiri sehingga orang lain tampak seperti kabur. Berhenti, luangkan waktu untuk mengatakan “Selamat Pagi. Apa kabar?” dan dengarkan jawabannya. Cari tahu apakah mereka memiliki anak, apa kegiatan favorit mereka. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menjadi sahabat sejati; ini hanyalah wacana sosial biasa yang membantu membuat hidup sedikit lebih nyaman bagi semua orang.

5. Gunakan nama

Anda tidak ingat nama? Berikut adalah latihan untuk membantu Anda mengingat orang. Potong gambar orang dari majalah. Pelajari setiap wajah setidaknya selama lima menit. Pelajari sesuatu tentang orang tersebut: sesuatu yang unik atau tidak biasa.

6. Hitung sampai sepuluh sebelum meledak

Banyak orang dengan ADD memiliki masalah dengan kemarahan. Mereka cenderung melihat dunia melalui kacamata unik mereka sendiri; ketika orang lain tidak setuju dengan mereka, mereka menjadi frustrasi dan meledak. Lakukan post mortem pada salah satu kesempatan ini dan identifikasi pemicu yang menyebabkan meleleh. Apakah Anda lapar? Lelah? Mintalah teman atau pasangan membuat video tentang Anda. Ketika Anda mengenali perasaan bencana yang akan datang, berjalan-jalanlah.



6 Tips untuk Keterampilan Sosial Sehari-hari dengan ADHD
Kembali ke Atas